20 Desember 2011

Pola Kalimat Bahasa Korea

Hai semuanya.. aku kembali dengan postingan terbaruku :D. Seneng deh akhirnya bisa juga nge-posting, setelah sekian lama tulisan ini Cuma ‘mendep’ di folder komputerku. =D
Di postingan kali ini, aku tulis tentang pola kalimat paling sederhana dalam bahasa Korea. karena, belajar bahasa Korea, apalagi yang dasar-dasarnya tuh mudah dan menyenangkan banget loh. Secara umum, pola kalimat dalam bahasa Korea adalah:
S K O P
(Subjek, Keterangan, Objek, Predikat)
Jadi, predikat dalam tata bahasa Korea selalu ditempatkan di akhir kalimat. Contoh (보기):
1.      내가 도서관에 가요 (naega doseogwan-e gayo)= aku pergi ke perpustakaan.
2.      내가 시장에서 나의 친구의 어머니를 봐요 (naega shijang-eseo naeui chin-gu eui eomeonireul bwayo) = aku melihat ibunya temanku di pasar.
3.      여동생이 친구를 많이 있다 (nae yeodongsaeng-i chingu reul manhi itda) = adik(Pr) ku punya banyak teman.

Dalam kalimat pertama, subjeknya adalah ‘aku’ (na / ), dan partikel yang menyertainya adalah ga (). Kata Keterangannya adalah ‘perpustakaan’ (doseogwan / 도서관), dan partikel yang menyertai kata tempat tersebut adalah –e (). Yang terakhir, kata predikat/ kata kerjanya yaitu ‘pergi’ (gayo /가요). Kata Gayo /가요 berasal dari kata 가다, dimana ‘da’ () diubah menjadi ending/ akhiran. Begitu juga dengan kalimat kedua dan ketiga.
Glosarium:
na /                          = aku
doseogwan / 도서관  = perpustakaan
pasar / 시장                = pasar
-eui /                       = kata kepemilikan
Chingu /  친구            = teman
Eomeoni / 어머니      = ibu
Bwayo/ 봐요; boda/ 보다 = melihat
Yeodongsaeng/  여동생 = adik (pr)
Manhi/ 많이;  manhda/ 많다 = banyak
Itda/  있다                  = mempunyai
Mudah, kan? Atau chingu masih bingung? Oke, kalo gitu kita belajar lebih ke dasarnya lagi ya, di postingan selanjutnya.

2 komentar:

  1. thanks buat postingannya membantu banget :D

    BalasHapus
  2. Yoi.. gamsahamnida ya, udah mampir ^-^

    BalasHapus

>>Tinggalkan jejak.. :)