7 Juli 2011

TENSES KOREA (part 2)


Kali ini coba aku tulis tentang present tense/bentuk masa sekarang dalam tata bahasa korea. Maaf kalo ada yang salah, silahkan dikoreksi. karena semua yang aku tulis adalah ”what i’ve studied, what i’m studyng, and what i’ll study”.  Enjoy! :')

PRESENT TENSE

1.        simple preset tense
a.    ㅂ니다       : bila kata kerja berakhiran vokal
Contoh             : 사랑하다 = 사랑합니다 (saranghamnida)
-습니다         : bila kata kerja berakhiran konsonan
Contoh             : 있다 = 았습니다 (isseumnida)
Bentuk ini dapat diganti dengan bentuk –(//).
b.    ㄴ다                        : kata kerja berakhiran vokal/ konsonan . dilebur.
Contoh             : 놀다 = 논다 (nonda)
-는다             : kata kerja berakhiran knsonan
Contoh             : 먹다 = 먹는다 (meogneunda)
Bentuk ini lebih sering digunakan sbg bahasa tulis.
c.                     : bentuk ini hanya digunakan untuk bahasa tulis seperti dalam penulisan memo, literatur dll. Bentuk ini juga bisa digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih muda atau lebih rendah statusnya.

Contoh kalimat:
오빠가 많이 우유를 마십니다 (oppa ga manhi uyu reul mashimnida) = kakak minum banyak susu
친구 집에 가다 (chingu jib-e gada) = saya pergi ke rumah teman

Kalo kata keterangan akan datang (mis: 다음, 내일) digunakan, maka bentuk kalimat ini juga bisa menjadi bentuk future tense. Contoh:
내일 친구과 숙제를 해요 (naeil chingu gwa sukje reul haeyo) = besok saya akan mengerjakan PR bersma teman.

2.        Present continous tense
Menggunakan - 있다. diubah menjadi akhiran(ending). Akhiran itu bisa ㅂ니다, -습니다,  –(//) dll. Langsung ke contoh aja ya..
a. 그녀 만나고 있어요 (geunyeo reul mannago isseoyo) = aku sedang menemuinya. I’m meeting her.
b. 동생이 샤워하고 있다 (dongsaeng-i syawohago itda) = adik sedang mandi
Oh ya, bentuk ini juga bisa digabungkan dengan bentuk past tense ataupun future tense. Karena pada dasarnya, untuk membuat berbagai macam kalimat baik dalam bentuk past, present, maupun future dalam bahasa korea tuh fleksibel banget. Cuma tinggal mengganti dengan akhiran penanda past, present, dan future.

a. Present: 지금 생각하고 있어요 (jigeum nan saenggakhago isseoyo) = i’m thinking of you now.
b. Past     : 어제 너를 기다리고 어요 (eoje neoreul gidarigo isseosseoyo) = i was waiting you yesterday
c. Future  : 오늘 밤에 우리가 파티하고 어요 (oneul bam-e uri ga patihago itgesseoyo) = kita akan berpesta malam ini.

3.        Present perfect tense -() 적이 있다
Ini sama dengan “ have/has (been)” dalam bahasa inggris. Itu lo, yang menunjukkan bahwa seseorang sudah melakukan sesuatu pada masa lampau. diubah menjadi ending.
- 적이 있다 : untuk kata kerja yang berakhiran vokal atau konsonan
Contoh                  : 약속하다 -> 약속한 적이 있다 (yaksokhan jeogi itda)
                             : 알다 -> 적이 있다 (an jeogi itda)
적이 있다  : unutk kata kerja yang berakhiran konsonan
Contoh                  : 먹다 -> 먹은 적이 있다 (meogeun jeogi itda)

Bila digantikan dengan –() 일이 있다 maknanya jadi 'pernah melakukan sesuatu sebelumnya'. Aturan penggunaannya sama seperti di atas.
Contoh kalimat: 공부한 적이 있습니까? (neon kongbuhanjeogi isseumnikka?) = kamu udah belajar? Have you studied?
                             있는 라면 은적이 있어요 (masitneun ramyeon-eul meogeunjeogi isseoyo) = saya pernah makan ramyeon yang enak.

semoga bermanfaat ya.. :)

3 komentar:

  1. wuih... gaya lu, la...!! kok blogmu lebih bgus dri puyaku seh???!!! gak sopan!!! :-/

    BalasHapus
  2. hahahaha... jangan ngiri ye...
    halah, tapi isi blog ku gak lbh bgus dari blog mb li kan? hehehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

>>Tinggalkan jejak.. :)