25 Agustus 2011

CAN'T READ THIS? :)


I CAN’T STOP LOVING YOU… <3
I can’t live... if living is without you...
I can’t give... i can’t give anymore...
Begitu banyak yang nggak bisa kita lakukan jika nggak ada ‘dia’ di samping kita. Cie... sinetron banget!
Chingu-deul, sudahkah kalian tahu macem-macem bentuk akhiran yang gunanya untuk membuat kalimat ketidakmampuan dalam han-gukeo (bahasa korea)?
Yuk, belajar sma-sama...
1.      못하다 (-Ji mothada) / - (mot-)
Sering denger kan, lagu-lagu K-Pop yang liriknya ada embel-embel “-ji mothae”? yup! Itu artinya (I) can’t. Bisa digunakan unutk semua kata kerja, baik berakhiran konsonan maupun vokal. diubah menjadi ending kalo mau lebih sopan..
a.      못하다 (-Ji mothada)
Diletakkan setelah kata kerja atau kata sifat (quality verb).
Contoh(보기)        :
사랑하는 내가 멈추지 못해요 (neol saranghaneun naega meomchuji mothaeyo)= aku tidak bisa berhenti mencintaimu. I can’t stop loving you.
자꾸 울면 지금 가지못해요 (neon jakku ulmyeon gaji mothaeyo) = jika kamu terus menangis, aku tidak bisa pergi sekarang.

b.      - (mot-)
Diletakkan sebelum kata kerja. Bentuk ini nggak bisa digabungkan dengan kata sifat (quality verb).
Contoh(보기)        :
옷을 제봉합니다 (os-eul mot jebonghamnida) = (aku) tidak bisa menjahit pakaian.
나는 내일 바빠서 너를 만나겠어요 (naneun naeil bapaseo neo-reul mannaji mothagesseoyo) = karena besok aku sibuk, aku tidak akan bisa menemuimu.

2.      –() 모르다  –(eu)l jul moreuda
Ini nih gunanya untuk membuat kalimat yang menunjukkan kalau seseorang itu tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu.
a.      - 모르다
Taruh ini setelah kata kerja yang berakhiran konsonan, ya!
Contoh(보기)        :
여동생이 꽃을 심을 몰라요 (nae yeodongsaeng-i kkoch-eul shimeul jul mollayo) = adik perempuanku tidak bisa menanam bunga. My sister doesn’t know how to plant  flower.
그댈 잊을 몰라요 (nan geudael ijeul jul mollayo) = aku tidak tahu bagaimana untuk melupakanmu.

b.      모르다
Diletakkan setelah kata kerja berakhiran vokal atau konsonan.
Contoh(보기)        :
식당에서 음식을 시낄 몰라 (shikdang-eseo eumshik-eul sikkil jul molla)= aku tidak bisa memesan makanan di restoran. I don’t know how to order food in restaurant.
한국 사라으로 인사할 모릅니다 (han-guk sarameuro insahal jul moreumnida) = saya tidak bisa memberi salam kepada orang korea. I don’t know how to greet korean person.

3.      –() 없다 –(eu)l su eopda
Fungsinya sama seperti 못하다 (-Ji mothada) / - (mot-), yaitu unutk membuat kalimat ketidakmampuan. Cara penggunannya chin-gu deul udahtau kan? Pokoknya seperti bentuk nomor 2, dengan membedakan antara kata kerja yang berakhiran konsonan, vokal, atau konsonan. Langsung e contoh aja yaw..
Contoh(보기)  :
아무리 열심히 봐도 아직 사랑할 없어요 (amuri yeolshimhi bwado nan ajik neol saranghalsu eopseoyo) = tak peduli seberapa keras aku mencoba, aku masih tidak bisa mencintaimu. T-T (sedihnya...)
예정을 준비할 없어서 죄송합니다 (yejongeul jal junbihalsu eopseoseo joesonghamnida) = saya minta maaf karena tidak bisa mempersiapkan acaranya dengan baik.
왠지 오늘 학교에 없어서 정말 미안하다 (waenji oneul hagyo-e galsu eopseoseo jeongmal mianhada) = aku sungguh menyesal karena hari ini tidak masuk sekolah karena beberapa alasan.

4.      –() 안되다
Brntuk ini unutk menunjukkan larangan. Seperti “shouldn’t...” kalau bahasa inggrisnya.
Aturan penggunaannya udah pada tau lah...^^. Liat aja contoh di atas ya, chingu deul..
Emm.. chin-gu deul pasti udah pernah denger lagu Kim Nam Gil (Bidam) yang berjudul “can’t I love You”, kan? Nah, ada kalimat seperti ini nih:
사랑하면 안되니? 내게 오면 안되니? 한번만  한번만 안아 보면 안되니? (saranghamyeon andoeni? Naege omyeon andoeni? Hanbeonman-hanbeonman ana bomyeon andoeni?) = tidak bisakah aku mencintaimu? Tidak bisakah kau datang padaku? Sekali saja, sekali saja, tidak bisakah kau melihat dalamm diriku?
Cukup mudah kan, chingu deul, untuk menggunakan bentuk ini? Lagu Bidam di atas itu adalah bentuk interogative (bentuk tanya)nya. Kalo yang positifnya gimana? Nih contohnya cingu deul..
가방 열면 안돼요 (nae kabangeul yeolmyeon andwaeyo)= jangan buka tas ku. Shouldn’t open my bag.

Sepertinya aku mulai mengantuk. Jadi kita belajar lagi di next postingan ya..! semoga bermanfaat! v(^.^)/
Hoaaaammm.. =’O

2 komentar:

  1. Evеrуthing iѕ vеry open wіth a preсiѕe ԁеsсгiρtіon of
    thе сhallengеs. It was defіnitely infοrmatiνe.
    Youг webѕіtе iѕ uѕeful.
    Тhank you foг sharing!

    Ϻy pаge - payday loans

    BalasHapus
  2. Wе're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your site provided us with useful info to work on. You'νe
    performеԁ an impressive process anԁ our ωhole grοup will be gгateful to you.


    Heге iѕ my site: payday loans

    BalasHapus

>>Tinggalkan jejak.. :)