8 Oktober 2011

Membuat Kalimat Keinginan Dalam Bahasa Korea

SEBUAH KEINGINAN TENTANG CINTA

그댈 그리워하지만 그댈 보기 싫어요.
사랑에 빠지기 무서워니까..
(Nan geudael geuriwohajiman geudael bogi shireoyo.
Sarang-e ppajigi reul museoweonikka..)
aku merindukamu, tapi aku tidak ingin melihatmu.
karena aku takut mencintaimu..
그만하자. 앞으게 시간들 추억하고 싶지 읺아요..
(geumanhaja. apeuge shigandeureul chueokhago shipji anhayo..)
cukup sudah. aku tidak ingin mengingat waktu-waktu yang menyakitkan..

chingu udah sering denger, kan, kalimat-kalimat korea yang akhirannya “–go shipda”, atau “-go shipseumnida”, atau “-go shipeoyo”? yup! itu gunanya untuk membuat kalimat keinginan. misalnya: aku ingin makan kimchi: 김치를 먹고 싶다.(Nan kimchi reul meoggo shipda). huruf –da tinggal diganti ending aja, seperti –mnida, (eo/a/yeo)yo dsb.
tapi setiap yang positif, ada negatif juga kan? untuk membuat kalimat keinginan dalam bentuk negatif, yang aku tahu ada beberapa cara nih. Yang pertama, bisa pake    싫다 (-gi shilda)
Diletakkan setelah kata kerja dan ‘da’ diubah menjadi ending. Chingu bisa liat penerapannya dalam penggalan tulisan di atas. Selain itu, chingu juga bisa pake   싶지 않다 (-go shipji anhda). Ini juga diletakkan setelah kata kerja. Pada dasarnya sih, hampir semua kalimat yang mau kita jadikan kalimat negatif, Cuma perlu tambahin - 않다 (ji anhda) setelah kata kerja. Contohnya kalau kita mau buat kalimat negatif dari sebuah future tense:
그댄 나를 만나도록 내가 자꾸 여기에서 기다리겠어요. (geudaen nareul mannadorok naega jakku yeogi-eseo gidarigesseoyo) aku akan terus menunggumu di sini sampai kau menemuiku.
Maka kalimat negatifnya:
그댄 나를 만나도록 내가 자꾸 여기에서 기다리겠지 않아요. (geudaen nareul mannadorok naega jakku yeogi-eseo gidarigetji anhayo) aku tidak akan terus menunggumu di sini sampai kau menemuiku.
Kalau kita mau membuat kalimat yang subjeknya orang ketiga, - 싶다(-go shipda) diubah menjadi - 싶어하다 (go shipeohada).




4 komentar:

>>Tinggalkan jejak.. :)